Desa Wisata Bondo


Bondo adalah nama sebuah desa di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dan satu satunya desa yang letaknya di pesisir atau tepi pantai di Kecamatan Bangsri. Bondo memiliki tiga destinasi wisata yaitu Pantai Bondo, Pantai Ombak Mati yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Bondo serta Telaga Sejuta Akar.

Desa Bondo merupakan salah satu desa ring satu PLTU Tanjung Jati B, melalui program Corporate Social Responsibility PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B dengan menggandeng The La Tofi School of CSR bersama masyarakat berniat menjadikan Pantai Bondo atau Desa Bondo sebagai Desa Wisata.

Selain membangun beberapa fasilitas untuk menjadikan Pantai Bondo sebagai Wisata Andalan Jepara, Jawa Tengah bahkan nasional. Masyarak juga dibekali dengan berbagai pelatihan, seperti pelatihan kuliner mulai dari pengelolaan hingga penyajian. pelatihan tata kelola homestay, pengelolaan keuangan, akomodasi, kesenian dan pengelolaan pantai.

Dan yang tak kalah penting adalah pelatihan bahasa inggris dan pelatihan pengelolaan sampah. Dengan pelatihan bahasa inggris diharapkan masyarakat mampu berkomunikasi dengan wisatawan asing yang berkunjung. Sedangkangkan pelatihan pengelolaan sampah bertujuan agar selain kebersihan pantai terjaga masyarakat juga bisa merasakan manfaat ekonomis dari sampah yang diolah menjadi barang bernilai jual sehingga menjadi tambahan penghasilan.

General Manajer PLN Tanjung Jati B, Ari Basuki dalam acara launching Destinasi Wisata Pantai Bondo yang dilaksanakan Rabu (20/9) mengungkapkan bahwa PLN Tanjung Jati B melalui program CSR ingin menjadi trigger di awal bagi masyarakat Desa Bondo dengan mengadakan berbagai pelatihan. lebih lanjut beliau juga mengungkapkan bahwa tidak semua desa ring satu PLTU Tanjung Jati B dibuat pemberdayaan ekonomi di sektor pariwisata, karena setiap desa punya keunikan sendiri. Seperti Desa Bondo yang memiliki Pantai Bondo, pantai yang indah dan berpotensi menjadi destinasi yang tidak hanya bertaraf kabupaten, tapi provinsi, nasional bahkan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *