Sentra Ternak Terpadu

PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara memiliki tanggungjawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat di desa ring satu. Yakni Desa Tubanan, Desa Kaliaman, Kecamatan Kembang serta Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara. PLN dituntut ikut andil dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat lokal melalui dana CSR perusahaan. Tidak mudah memang, karena sebagai perusahaan yang belum lama beroperasi jelas merupakan tantangan besar agar dana CSR bisa benar benar memberi konstribusi kepada masyarakat lokal.

Berbagai program CSR sudah digulirkan PLN Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara kepada masyarakat. Seperti bantuan dana bergulir, pemeliharaan lingkungan sampai program bantuan pinjaman induk kambing bergulir. CSR PLN Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara tidak ingin hanya menyalurkan dana CSR begitu saja. Tapi bagaimana agar dana CSR yang diberikan benar benar bisa berkontribusi nyata dalam pemberdayaan masyarakat lokal. Program yang dicanangkanpun tidak sembarangan dan harus berlandaskan dengan kearifan lokal atau local wisdom masyarakat sekitar.

Dari sekian program yang dicangkan, program bantuan pinjaman induk kambing bergulir dinilai cukup sukses. Sebab, program ini berpijak pada kearifan lokal masyarakat sebagai petani dan peternak,meski belum skala besar. Padahal program bantuan pinjaman induk kambing bergulir ini baru dimulai sejak Juli 2015 dengan memberikan stimulan 62 ekor induk kambing jenis jawa randu.

Melalui program inilah CSR ingin mengajak masyarakat di desa ring satu berdikari secara ekonomi. Masyarakat dilibatkan secara langsung terhadap berbagai program CSR yang berkelanjutan dan diberikan secara kontinyu. Masyarakat juga diajak untuk bisa berpikir jauh ke depan dalam mewujudkan perekonomian yang kuat dengan menyulap desa ring satu sebagai sentra ternak.

Eksplorasi berbagai keberhasilan program CSR PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B dalam mengajak dan melibatkan secara masyarakat lokal secara langsung untuk membangun terwujudnya “Tubanan Desa Enegi” bisa anda lihat dibuku “Desa Ternak Penghasil Energi” Sustainability Empowerment Program PLN Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara.

One thought on “Sentra Ternak Terpadu

  1. Pingback: Penghargaan Indonesian CSR Award 2017 | PLTU Tanjung Jati B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *