Penangkaran Merak Hijau

penangkaran merak

Merak Hijau (Green Peafowl) memiliki nama ilmiah (Pavo muticus) merupakan salah satu burung dari tiga spesies merak. Populasi merak hijau tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Jawa, Indonesia.

 

Merak Hijau di Indonesia

Di Indonesia, Merak Hijau hanya terdapat di Pulau Jawa. Habitat burung yang mempunyai bulu indah hijau keemasan ini berada di dataran rendah hingga tempat-tempat yang tinggi. Salah satunya yang masih bisa ditemui berada di Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur. Selain itu diperkirakan juga masih terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon, dan Taman Nasional Meru Betiri.

Populasi Merak Hijau terus berkurang. Ini diakibatkan oleh rusaknya habitat dan perburuan liar. Burung langka yang indah ini diburu untuk diambil bulunya ataupun diperdagangkan sebagai bintang peliharaan. Untuk menghindari kepunahan burung langka ini dilindungi undang-undang. Di Pulau Jawa kini jumlah Merak Hijau (Pavu muticus) diperkirakan tidak lebih dari 800 ekor.

Keunikan Merak Hijau

Merak Hijau memiliki keunikan bentuk dan tingkah laku. ciri khas yang dimiliki satwa langka tersebut adalah keindahan bulu serta suaranya yang merdu. Merak hijau memiliki ukuran sangat besar dan leher yang panjang, sekilas fauna ini berbentuk seperti ayam. Ciri lain yang mencolok adalah pipinya berwarna kuning, terdapat garis alis, dan penutup telinga sekitarnya berwarna putih kebiruan. Uniknya merak mempunyai mahkota berwarna hijau kebiruan dengan jambul.

Karakteristik Merak Hijau

Burung merak hijau jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 300 cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Sementara burung merak hijau betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya kurang mengkilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Pada musim berbiak, burung merak jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata. Burung betina menetaskan tiga sampai enam telur

Jumlah Merak Hijau

Jumlah merak hijau saat ini di penangkaran PLTU Tanjung Jati B ada 5 ekor, terdiri 1 burung merak jantan dan 4 burung merak betina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *