Kegiatan Keanekaragaman Hayati PLTU Tanjung Jati B

Pulau Panjang merupakan salah satu pulau yang dikategorikan sebagai pulau-pulau kecil yang terdapat di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pulau panjang ini tepat berada di mulut/depan Teluk Awur, Perairan Jepara dan terletak di seberang (sebelah barat) Pantai Kartini, Jepara dengan luas kurang lebih 21,1 Ha dan didalamnya dipenuhi oleh vegetasi pantai. seperti mangrove, pinus, randu, petai cina, putri malu, pandan, waru laut dan kangkung laut.

 

PLTU Tanjung Jati B memiliki program perlindungan dan pemeliharaan keanekaragaman hayati Konsevasi Panjang Jepara dan program perlindungan dan pemeliharaan keanekaragaman hayati di kawasan PLTU Tanjung Jati B atau Ekowisata penangkaran rusa serta burung merak.

penangkaran rusa

Rusa jenis timor dengan nama latin Cervus timorensis ini berasal dari penangkaran rusa Udiklat Semarang, Saat ini jumlah rusa di pengkaran ada 18 ekor yang terdiri 8 ekor rusa jantan dan 10 ekor rusa betina.

 

penangkaran merak

Merak Hijau (Green Peafowl) memiliki nama ilmiah (Pavo muticus) merupakan salah satu burung dari tiga spesies merak. Populasi merak hijau tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Jawa, Indonesia. Saat ini ada 6 ekor burung merak hijau di penangkaran.