Profil


 

PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B adalah pengelola pembangkit listrik tenaga uang yang berlokasi di Desa Tubanan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.Visi dari PLN Pembagkitan Tanjung Jati B adalah menjadi pengelola pembangkit kelas dunia yang kompetitif dengan bertumpu pada potensi insani dengan salah satu misi mengoperasikan pembangkit dengan tata kelola yang excellent secara aman ramah dan peduli lingkungan.

Dengan bahan bakar batubara pembangkit listrik tenaga uap ini menghasilkan kapasitas listrik dengan daya 4 x
710 MW Gross atau 4 x 660 MW Nett. Total kapasitas saat ini menyumbang sekitar 12% dari total kebutuhan listrik Jawa – Bali dan merupakan salah satu dari obyek vital nasioanal.

PLTU Tanjung Jati B menerapkan teknologi terbaru dalam menangani emisi pembakaran batubara yaitu dengan
FGD ( Flue Gas Desulfurization ) teknologi ini menjadikan PLTU Tanjung Jati B mampu memanfaatkan keunggulan keekonomian batubara sebagai bahan bakar yang murah namun ramah bagi lingkungan. Sehingga tidak heran jika
PLTU Tanjung Jati B menjadi salah satu PLTU terbaik dunia versi majalah Power Magazine.

PLTU Tanjung Jati B berhasil melakukan mengoptimalisasi pemanfaatan fly ash dan bottom ash sebesar 90% serta
pengurangan 126.252 m2 konsumsi air demin setiap tahun. Dengan upaya tersebut PLN Tanjung Jati B berhasil meraih predikat proper hijau dari Kemeterian Lingkungan Hidup pada periode tahun 2013, 2014 2015, 2016 dan 2017. Ini membuktikan bahwa PLTU dapat dikelola dengan ramah lingkungan dan menjadi standard pengelola pembangkit bagi PLN.

Pencapaian tersebut merupakan hasil implementasi peogram E- Green PLTU Tanjung Jati B yang dicanangkan tahun 2012 dalam mencapai wolrd class services di tahun 2017 melalui program 5E ( Efficient Process, Excellent Performance, Elegant Atmosphere, Empowering Community, Establishing High Trust Culture ) Sehingga di tahun 2018 PLN Tanjung Jati B diharapkan mampu meraih proper emas.