About

PT. PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B adalah Asset Manager atau pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap berbahan bakar batubara dengan kapasitas pembangkit adalah 4 x 660 MW atau 2640 MW yang berlokasi di Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, PLTU Tanjung Jati B memiliki kontribusi supply listrik melalui 500 kV jaringan Jawa Bali Madura sebesar8 – 10.5 %.

PLTU Tanjung Jati B mulai beroperasi pada tahun 2006 (Unit 1&2) dan tahun 2011 (Unit 3&4) melalui skema bisnis sewa guna usaha (Lease Agreement) dengan Asset Owner adalah PT. Central Jawa Power dan melaui Operating & Maintenance Agreement dengan Asset Operator adalah PT. TJB Power Services (PT.TJBPS) sebagai operator Unit 1&2 dan PT.Komipo Pembangkitan Jawa Bali (PT KPJB) sebagai operator Unit 3&4.

Visi dari PLN Pembangkitan Tanjung Jati B adalah“Menjadi Asset Manager atau pengelola pembangkit kelas dunia yang kopetitif dengan bertumpu pada potensi insani ”dengan salah satumisi “ Mengoperasikan pembangkit dengan tata kelola yang excellent secara aman, ramah dan peduli lingkungan”.

PT. PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B memiliki program E-Green untuk mencapai World Class Services melalui program 5E, yaitu Efficient Process, Excellent Performance, Elegant Atmosphere, Empowering Community, dan Establishing High Trust Culture dan sampai saat ini telah menerima penghargaan PROPER HIJAU selama 5 kali berturut turut pada tahun 2012-2017 dari Kementerian LingkunganHidup dan Kehutanan (KLHK).